Keterbatasan Pendapatan Msayarakat Bawah pada Jaman Moderen




Keterbatasan Pendapatan Msayarakat Bawah pada Jaman Moderen
(Tema; Ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan)

     Apakah kemiskinan merupakan penderitaan? Dan apakah kemiskinan itu? Ada ibu rumah tangga yang suaminya cukup terpandang dan penghasilan baik. ian dapat makan lebih dari cukup, rumahnya cukup besar, dapat mengekolahkan anak-anaknya dan memberi uang saku yang cukup, namun ia merasa dirinya masih sial dan miskin. ia iri hati kepada mereka yang sederajat dengan suaminya, tetapi memiliki mobil lebih bagus, rumah lebih mutakhir , dan simpanan di bank ratusan juta rupiah. ibu ini menderita batin karena merasa dirinya tidak beruntung, merasa dirinya masih miskin.
Apa yang harus dicari dalam hidup ini?  kaya raya tapi tidak pernah tenang hatinya, selalu panas, selalu iri, selalu merasa masih belum kaya? atau menyadari kekurangannya dan menerima kekurangan itu apa adanya dan menjalani hidup ini sebaik mungkin, yakni itu menyakiti orang lain dan takwa kepada yang Maha Kuasa. Inilah masalah kita sekarang ini. kemiskinan adalah penderitaan. tetapi dapat bula bukan penderitaan. semua tergantung padea sikap. harya milik adalah rezeki, keberuntungan akibat usaha kita. manusia boleh berusaha tetapi rezeki tetap bukan kita yang menentukan. Tuhan memberikan sinar matahari untuk semua orang didunia, baik orang miskin maupun orang kaya,baik orang jahat maupun orang soleh. Kita dapat hidup baik dan keras berusaha, tetapi rezeki yang kita dapat hanya pas-pasan belaka. Sebaliknya, adaorang yang jelas suka manipulasi, pemalas, mau enaknya sendiri saja, namunrezekinya mengalir.
  Sikap kita dalam menghadapi rezeki dan kekayaan, siakap kita dalam menghadapi ketidakberuntungan dalam kemiskinan, akan menentukan apakah kita akan menderita atau tidak. Penderitaanitu bukan hanya berasal dari persoalan harta milik. Penderitaan bukan dari hanya kemiskinan. Penderitaan berasal dari sikap hidup kita sendiri. Sikap untuk menerima kenyataan sebagai kenyataan yang harus diterima. Waktu kita beruntung, kita terima dan rasa syukur, waktu kita tidak beruntung, kita terima sebagai kenyataan yang memang harus demikian. Sikap hidup dan siap menerima apa adanya, sambil kita sendiri berusah berperilaku seperti apa yang kita anggap terang. kita akan hidup sebagai keluarga sederhana di lereng perbuktian daerah mutiara timur itu. Penderitaan bukan hanya berasal dari kemiskinan, Penderitaan ada dalam hati manusia dalam sikap hidup. Mereka disingkirkan, tak disenangi  lingkungannya adalah penderitaan . menanggung sakit berat adalah penderitaan. Dihina dan direndahkan orang adalah penderitaan. 
     Dan seribu satu macam sumber penderitaan lain. Kemiskinan hanyalah salah satu dari sumber penderitaan tadi. Dan kemiskinan itu relatif lebih mudah menghilangkannya dari daftar sumber penderitaan. Justru ada manusia yang baru bahagia setelah menjadi miskin. Terdapat sejumlah orang dalam sejarah yang meninggalkan kekayaan dan sengaja menjadi miskin . terhadap sejumlah orang dalam sejarah meninggalkan kekayaan dan sengaja menjadi miskin  untuk mencarai kebhagiaan hidup. Dengan kemiskinan itu hatinya lebih bersih, tak terikat oleh nafsu duniawi. Tinggal melawan nafsu yang mementingkan diri sendiri. Nafsu untuk dipuji, dikenal, dihormat, disanjung. Nafsu badani berupa kenikmatan, kemudahan dan kenyamanan hidup.
Miskin kadang merupakan berkah. Orang miskin lebih dekat dengan kebenaran. Ikatan pada dunia agak tipis. kita dapat hidup miskin seperti burung diudara. Mereka hanya punya satu sarang, mencari makan setiap hari. Mereka tidak terikat pada pada kemauan menumpuk makan untuk hari esok dan menjamin hidup tujuh turunannya. Mereka tidak saling iri hati karena burung tetangganya lebih kaya atau sarangnya lebih bagus. Orang miskin mirip burung. Bebas menyanyikan dan memuji Tuhan Penciptanya tiap hari. Hidupnya tenang. Tetapi manusia melihat segalanya: Manusia ingin hidup nikamat dan mudah. Kalau bisa, tanpa harus bekerja keras, tetapi kekayaan datang sendiri. Dan manusia merasa menderita, meskipun sudah cukup kaya.
Yang perlu dihilangkan bukan kemiskinan, tetapi kita harus mempertebal sikap hidup yang besar.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer