Tidak Bisa Hidup Tanpa Orang Lain




Tidak Bisa Hidup Tanpa Orang Lain 
(Tema; Individu, Keluarga dan Masyarakat)

Maksud dari judul tidak bisa hidup tanpa orang lain tersebut adalah dimana aspek individu, keluarga, masyarakat adalah aspek-aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, tidak akan pernah ada manusi individu bisa hidup tanpa orang lain. Karena keluarga dan masyarakat merupakan aspek sosial individu. Sementara itu di pihak lain untuk mengembangkan eksistensinya sebagai manusia, maka individu membutuhkan keluarga dan masyarakat, yaitu media dimana individu dapat mengekspresikan aspek sosialnya serta menumbuh kembangkan perilakunya. Karena tak dapat dipungkiri bahwa perilaku sosial suatu individu tersebut bergantung dari keluarga dan masyarakat disekitarnya.
Keluarga sebagai lingkungan pertama seorang individu memiliki peran paling besar dalam pembentukan sikap suatu individu, sedang masyarakat merupakan media sosialisasi seorang individu dalam menyampaikan ekspresinya secara lebih luas. Sehingga dapat menjadi suatu tolak ukur apakah sikapnya benar atau salah dalam suatu masyarakat tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah, bahwa seorang individu sangat bergantug atau sangat membutuhkan orang lain untuk pengembangan terhadap diri seorang individu.   

               
   
 Masing-masing dari gambar di atas memiliki makna-makna tersendiri, dimana makna-maknanya itu adalah sebagai berikut:
a.Makna Individu
    Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyaraka bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi. Sebagai contoh yaitu, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Dimana ayah merupakan individu dalam kelompok sosial tersebut yang sudah tidak dapat dibagi lagi ke dalam satuan lebihkecil.
b.MaknaKeluarga
Dimana keluarga dapat di fungsi sebagai wahana diman seorang individu mengalami proses sosialisasi yang pertama kali, sangat penting artinya dalam mengarahkan terbentuknya individu menjadi seorang yang berpribadi. Sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan masyarakat, keluarga mempunyai korelasi fungsional dengan masyarakat tertentu, oleh karena itu dalam proses pengembangan individu menjadiseorang yang berpribadi hendaknya diarahkan sesuai dengan struktur masyarakat yang ada.
c.MaknaMasyarakat
Masyarakat adalah tempat kita bisa melihat dengan jelas proyeksi individu sebagai bagian keluarga, keluarga sebagai tempat terprosesnya, dan masyarakat adalah tempat kita melihat hasil dari proyeksi tersebut. Individu yang berada dalam masyarakat tertentu berarti ia berada pada suatu konteks budaya tertentu. Karena disini akan terlibat individu sebagai perwujudan dirinya sendiri dan merupakan makhluk sosial sebagai perwujudan anggota kelompok atau anggotamasyarakat.

Referensi:
http://aurisophanz.blogspot.co.id/2014/10/individu-keluarga-dan-masyarakat.html

Komentar

Postingan Populer