Tuga PKN/ Ilmu Budaya Dasar tentang kuliner



                               RENDANG MASAKAN KHAS PADANG

 


Rendang adalah masakan daging bercitarasa pedas yang menggunakan campuran dari bumbu dan rempah-rempah. Selain bahan dasar daging, rendang juga dimasak dengan menggunakan santan kelapa ( karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan diantaranya cabai (la), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan berbagai bumbu lainya yang biasanya disebut sebagai pamasak. Proses memasak rendang bisa menghabiskan waktu berjam-jam (biasanya dua sampai tiga jam), saya memasaknya karna itulah memasak rendang memerlukan waktu dan kesabaran. Saya belajar membuat masakan rendang ini sama saudara saya yang bernama Asnita di sebuah rumah makan padang juga di derah pasar minggu. Semenjak tahun 2001-2002 saya belajar memasak terutama masakan rendang dirumah makan tersebut bersama kakak saya. Karena itu saya bisa juga membuka warung padang di daerah jakarta timur ini dan saya tidak pernah merobah cara memasak atau takaran bumbu-bumbu yang pernah kakak saya ajarkan dan alhamdulillah sudah 14 tahun juga saya mempunyai rumah makan ini. alhamdulillah masakan rendang saya tetap menjadi masakan kesukaan disemua kalangan masyarakat disini. Jika setiap harinya masakan rendang banyak di kunjung orang maka memasak rendang harus di lebih dari memasak sebelumnya, sebelumnya memasak daging rendang 2-3 kg maka sekarang harus memasak 4-5 kg per harinya agar permasalahan kunjungan masyarakat ke rumah makan saya bisa teratasi.    

Komentar

Postingan Populer